Bauran
pemasaran atau marketing mix adalah kumpulan dari variabel-variabel
pemasaran yang dapat di kendalikan yang di gunakan oleh suatu badan
usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran
Bauran pemasaran memiliki 4 komponen, yaitu :
1.
Product (produk) adalah segala sesuatu yang di tawarkan kepada
masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat
terdiri dari berbagai produk, kualitas, desain, fitur, nama merek,
kemasan, ukuran, layanan, jaminan, dan pengembalian
2.
Price (harga) adalah sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli
produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi harga terakhir,
diskon, tunjangan, periode pembayaran, persyaratan kredit, dan harga
eceran.
3. Place (tempat) adalah berbagai kegiatan
perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan
tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain saluran,
cakupan, aneka, lokasi, persediaan, dan transportasi.
4.
Promotion (promosi) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk
mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel
promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force,
public relation, and direct marketing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar